merasionalkan bentuk akar

Posted: September 9, 2010 in bentuk akar, matematika

1 minggu lalu saya mendapatkan soal dari kakak kelas seperti ini

rasionalkan lah penyebut!
\frac{\sqrt{4}\,+\,\sqrt{6}\,-\,\sqrt{7}}{\sqrt{24}\,+\,\sqrt{36}\,-\,\sqrt{42}}

semula aku bingung
karna terdiri dari 3 suku , sedangkan aku blum belajar sampai situ
yg bisa di jadiin akar cuma \sqrt{36}
aku berfikir lagi gmna kalau ga di rasionalkan dulu, tapi di apain yach?
ternyata angka yg di bawah adalah kelipatan dari angka yg di atas

contoh:
24=4.6
36=6.6
42=7.6

ternyata semua berfaktor 6 atau 2×3
sehingga langsun saja ambil langkah distribusi
\frac{\sqrt{4}\,+\,\sqrt{6}\,-\,\sqrt{7}}{\sqrt{6}(\sqrt{4}\,+\,\sqrt{6}\,-\,\sqrt{7})}
tinggal sistem coret deh
sehingga menjadi
\frac{1}{\sqrt{6}}
\frac{1.\sqrt{6}}{\sqrt{6}.\sqrt{6}}
\frac{\sqrt{6}}{6}

selesai deh selama kurang dari 5 menit

Comments
  1. Yan Hesyandi says:

    aduh gan saya pusing matem.. ada forum khusus matem ga gan??

  2. Zulfikar says:

    apa soal merasionalkan tiga suku selalu berkelipatan sama? gimana jika Beda kelipatan?

  3. apakah tidak ada contoh yang lebih mudah??? sangat sulit aku memahaminya

  4. yayu fitriyani says:

    ada contoh lain ka??

Leave a Reply

